March 18, 2019

Please reload

Recent Posts

SQL Server 2016 Mobile Report

December 30, 2016

Introduction

 

Pada bulan April 2015 Microsoft mengakusisi DataZen sebuah perusahaan asal Kanada yang tadinya bernama ComponentArt. DataZen mempunyai sebuah produk software yang merupakan suatu platform untuk mendeliver Mobile Report.

ComponentArt terkenal dengan keindahan produk-produk berbasis grafisnya sehingga tentunya DataZen juga merupakan sebuah platform Mobile Report dengan produk grafis kualitas tinggi yang indah.

Setelah dibeli oleh Microsoft maka produk-produk DataZen dapat didownload secara bebas atau gratis yaitu sebagai berikut :

  • DataZen Mobile App yaitu aplikasi  Mobile Report Viewer yang dapat didownload secara gratis dan diinstalasi di Windows Phone, IOS dan Android Mobile Devices.

  • DataZen Publisher yaitu aplikasi Mobile Report Creator yang dapat didownload secara gratis dan diinstalasi di platform Windows.

  • DataZen Enterprise Server yaitu aplikasi Mobile Report Web Server yang dapat didownload secara gratis dan diinstalasi di platform Windows.

 

Namun perlu diketahui walaupun bisa didownload secara gratis, produk-produk di atas sudah tidak disupport lagi baik oleh DataZen maupun Microsoft, artinya bila ada bugs atau masalah-masalah di dalam produk-produk tersebut maka tidak akan ada bantuan support baik dari DataZen maupun Microsoft.

 

Pembelian DataZen oleh Microsoft sebenarnya bertujuan untuk memasukkan DataZen sebagai fitur Mobile Report di dalam produk Microsoft SQL Server 2016. Jadi sebenarnya aplikasi-aplikasi DataZen yang digratiskan itu semua hanyalah berfungsi sebagai alat promosi marketing produk Microsoft SQL Server 2016 Mobile Report. Salah satu perbedaan antara DataZen dan Microsoft SQL Server 2016 Mobile Report adalah pada Mobile Report ada kemudahan untuk mengambil data dari SQL Server OLAP Cube sedangkan pada DataZen tidak ada fitur tersebut.

 

Mobile Report Applications

 

 

Walaupun sejak Microsoft SQL Server Reporting Services sudah ada sejak tahun 2005 namun belum ada fitur Mobile Report nya sampai keluarnya versi 2016. Dengan adanya fitur Mobile Report pada SQL Server 2016 Reporting Services maka lengkaplah delivery Report ke semua platform.Seperti juga DataZen ada tiga tipe aplikasi di Microsoft SQL Server 2016 Reporting Services Mobile Report yaitu :Mobile Report AppMobile Report Publisher Mobile Report Server.

 

Mobile Report App

 

Mobile Report App yaitu aplikasi Mobile Report Viewer yang dinamakan PowerBI App yang dapat didownload secara gratis dan diinstalasi di Windows Phone, IOS dan Android Mobile Devices. PowerBI App di sini mempunyai fungsi ganda yaitu yang pertama sebagail Mobile Report Viewer dan yang kedua sebagai 365 Power BI Mobile Viewer.

 

Mobile Report Publisher

 

 

Mobile Report Publisher yaitu aplikasi Mobile Report Creator yang dapat didownload secara gratis dan diinstalasi di platform Windows.

 

Mobile Report Server

 

Mobile Report Server yaitu aplikasi Mobile Report Web Server yang hanya terdapat di dalam Microsoft SQL Server 2016 Enterprise Edition  dan diinstalasi di platform Windows. Mobile Report Server ini hanya bisa diinstalasi dengan Mode Stand-Alone atau Native dan tidak bisa diinstalasi dengan Mode Sharepoint-Integration.

 

Mobile Report Graphic Visualization

Selain bisa menampilkan berbagai macam tipe Charts, SQL Server Mobile Report bisa juga menampilkan :

  • KPI

  • Gauges

  • Maps

 

KPI

 

 

KPI atau Key Performance Indicators digunakan untuk memonitor nilai suatu Performance Indicator, di sini yang bisa dilihat adalah pergerakan trend nya apakah naik atau turun.

 

Gauges 

 Gauges merupakan Visualisasi Graphic dalam bentuk-bentuk tertentu misalnya Speedometer dsb. Dari suatu nilai, biasanya ada angka persentase dan warna-warna penanda misalnya warna merah untuk diwaspadai, dan hijau bila segala sesuatunya baik-baik saja.

 

Maps

 

Maps digunakan untuk memperlihatkan korelasi data dengan lokasi wilayah tertentu, sehingga bisa dianalisa misalnya di lokasi wilayah mana yang nilai nya tinggi atau rendah.

 

 

Summary

DataZen merupakan produk yang dapat kita download secara gratis untuk mencoba fitur SQL Server Mobile Report. Namun demikian DataZen tidak mempunyai Product Support sehingga kalau ada bugs dan masalah kita akan mengalami kesulitan.Microsoft SQL Server Mobile Report merupakan salah satu fitur andalan Microsoft SQL Server 2016 Enterprise Edition yang memungkinkan Report Delivery ke Mobile Platform.

 

Related Microsoft Course:

10990B Analyzing Data with SQL Server Reporting Services

55145A SQL Server Dashboards with Microsoft DataZen

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload

Archive

Visit

Setiabudi 2 Building. 6th Floor. Unit 606. Jl. HR. Rasuna Said. Kav. 62. Jakarta Selatan. Indonesia

 

Call

T: +62-21-521-0793
F: +62-21-521-0794

 

Contact         @ExecuTrain_JKT

sales@executrain.co.id

  • w-tbird

 2013 by ExecuTrain of Jakarta.