March 18, 2019

Please reload

Recent Posts

Kekuatan dari Kebiasaan

April 25, 2018

 

Ada  yang  bilang  Sukses  itu  adalah  Pilihan.  Cara mendapatkan  kesuksesan  dengan menciptakan karakter diri dengan mengembangkan kebiasan yang baik dan mengatasi  kebiasaan  buruk.  Rasanya  hampir tidak  mungkin menghilangkan  begitu  saja  apa-apa  yang sudah  melekat  hampir sepanjang  hidup  kita, seperti pepatah “Old habits die hard”. Tetapi, menciptakan kebiasaan  baik  sebagai  bagian dari  kehidupan  kita  juga  bukan  hal  yang  mustahil. 

 

Kebiasaan adalah sebuah kekuatan yang luar biasa yang membentuk seseorang sukses atau tidak. Kebiasaan yang baik dan produktif akan mendukung orang tersebut untuk bisa mencapai hal-hal yang ia inginkan. Kebiasaan yang buruk bisa menyebabkan turunnya produktifitas, naiknya berat badan, timbulnya penyakit dan berbagai hal merusak diri lainnya.

 

Kita semua memiliki kebiasaan, beberapa baik dan beberapa tidak begitu baik. Kebiasaan terjadi hampir secara otomatis, bahkan kadang tidak kita sadari. Jika Anda tidak membangun kebiasaan positif, maka kebiasaan saat ini (yang bisa saja negatif atau kurang produktif) akan menguasai diri Anda. Kebiasaanlah yang akan membentuk dan menghasilkan diri Anda seperti sekarang ini.

 

Anda adalah hasil dari kebiasaan Anda!

Ternyata, ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dapat menghambat kita untuk maju. Kebiasaan-kebiasaan ini akan "membunuh" kecerdasan Anda, menahan Anda untuk maju dan menyulitkan Anda menyelesaikan pekerjaan tertentu atau mencapai tujuan yang telah Anda inginkan. Beberapan kebiasaan buruk yang membuat kita mengambil keputusan buruk dalam hidup, antara lain:

BERPIKIR BAHWA ANDA SUDAH AHLI
Ini adalah kebiasaan umum yang membunuh kecerdasan seseorang. Ketika seseorang percaya bahwa dia adalah ahli dalam segala hal, disitulah dia berhenti belajar. Ia tidak akan rendah hati untuk mendengarkan orang lain dan belajar dari pengalaman mereka.
Terbukalah dengan fakta bahwa Anda tidak tahu segalanya, dan bahwa ada orang lain yang dapat membantu atau mempercepat dalam mempelajari berbagai hal baru. Hal ini akan mengembangkan sikap rendah hati. Semakin tinggi kita maka semakin rendah kita menunduk (rendah hati).

 

TAKUT
Jika selalu takut akan gagal, maka Anda tidak akan pernah mempelajari sesuatu yang baru. Jadi, Anda harus menghadapi rasa takut itu dan menerima kenyataan bahwa kemungkinan kegagalan akan mengiringi setiap langkah yang akan Anda ambil. Perlu kita ingat bahwa tidak ada orang yang berhasil tanpa mengalami kegagalan. Kegagalan adalah bagian pembelajaran untuk mencapai kesuksesan.

TIDAK PERCAYA DIRI
Ketidakpercayaan diri sejalan dengan ketakutan akan gagal. Jika Anda selalu percaya Anda akan mengacaukan segala hal dan tidak memiliki kepercayaan diri atas apa yang anda lakukan, maka Anda akan sulit berkembang.
Pede aja, meski Anda melakukan kesalahan. Beri kesempatan diri Anda untuk belajar, dan tumbuh, dan itu akan "mempersilakan" Anda untuk terus maju. Kepercayaan diri juga akan membantu Anda membangun kecerdasan, dan membuat Anda menjalani pengalaman baru dalam hidup.

 

MEMBUAT BATASAN
Setiap orang pasti memiliki berbagai keterbatasan. Tetapi ketika membuat batasan palsu, Anda akan menyembunyikan inteligensi dan kemampuan Anda untuk belajar. Ketika Anda membuat batasan yang sebenarnya tidak ada sebelumnya, Anda tidak akan pernah mencoba hal-hal baru. Hal ini tidak hanya akan membunuh kecerdasan, tapi juga menghentikan Anda dari mencoba berbagai hal baru. Padahal, mencoba segala sesuatu yang baru mungkin saja dapat membuat Anda menjadi lebih baik dan mungkin juga mengantarkan ke tangga kesuksesan.

 

Mulailah membuat kebiasaan yang positif dalam hidup ini dengan melakukan langkah-langkah kecil yang praktis, sehingga Anda bisa mencapai apa yang Anda mimpikan.

 

Terus berkembang dan capailah produktivitas yang tinggi dalam hidup Anda!

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload

Archive

Visit

Setiabudi 2 Building. 6th Floor. Unit 606. Jl. HR. Rasuna Said. Kav. 62. Jakarta Selatan. Indonesia

 

Call

T: +62-21-521-0793
F: +62-21-521-0794

 

Contact         @ExecuTrain_JKT

sales@executrain.co.id

  • w-tbird

 2013 by ExecuTrain of Jakarta.