March 18, 2019

Please reload

Recent Posts

Happiness Leads to Productivity..2

July 26, 2018

Dengan berkembangnya media sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya; update status, atau membagi link di media sosial adalah sesuatu hal yang biasa saat ini. Banyak orang beralasan menggunakan fasilitas ini untuk eksistensinya. Kadang kala jumlah like sangat mempengaruhi orang melakukan update.

 

Mengapa media sosial menjalar cepat sekali dan disukai berbagai macam usia? Keberadaan media sosial bisa memenuhi kebutuhan dasar manusia, yang menurut Abraham Maslow (seorang psikolog dari Amerika) yaitu kebutuhan untuk dihargai dan kebutuhan akan aktualisasi diri.

 

Maslow berpendapat bahwa setiap manusia mempunyai kebutuhan dasar  yang harus dipenuhi, salah satu kebutuhan tersebut adalah kebutuhan untuk dihargai. Jika kita perhatikan di dunia kerja, kebutuhan dihargai perlu dipenuhi oleh perusahaan untuk memampukan team bekerja secara produktif.

 

Sistem yang seperti apa yang bisa memenuhi kebutuhan ini.  Ada 2 kriteria yang penting yang perlu dipertimbangkan, diantaranya:

 

  1. Penghargaan perlu bertujuan untuk menghargai prestasi yang signifikan bagi organisasi.

    Penghargaan harus bersifat penghargaan kerja tim, dan berdasarkan prestasi yang dicapai. Jika sebuah organisasi ingin meningkatkan penjualan maka perusahaan harus memberikan apresiasi kepada tenaga sales yang memiliki penjualan tertinggi.

     

  2. Penghargaan harus adil

    Penghargaan yang adil berkaitan dengan apresiasi yang diterima. Hadiah yang diterima perlu sesuai dengan prestasi yang dihasilkan, sebaiknya tidak dalam bentuk materi namun dalam bentuk nyata dan bernilai tinggi. Materi (uang tunai) tidak melibatkan perasaan dan berperan besar dalam memotivasi pekerja. Uang datang dan pergi namun kenangan tidak akan lenyap. Benda (barang) dapat mengingatkan kenangan dan kenangan itu akan mampu membangkitkan kembali motivasi kerja yang mungkin mulai menurun, serta dapat memicu pekerja lainnya untuk melakukan hal yang sama.

 

Melalui hal ini prestasi pekerja tidak bersifat momentum namun terus dinamis sehingga tujuan (visi) perusahaan dapat tercapai.

 

Kesimpulan yang kita dapat ambil adalah bahwa setiap manusia memiliki kebutuhan dasar untuk dihargai, dihormati dan dipedulikan. Saat kebutuhan dasar manusia itu dipenuhi maka akan menciptakan sebuah kebahagian tersendiri, khususnya bagi pekerja hal ini akan meningkatkan semangat kerja yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas.

 

Selamat mencoba dan ubah cara kita untuk memperlakukan team kita agar produktivitas perusahaan tercapai…

Salam Produktif!

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload

Archive

Visit

Setiabudi 2 Building. 6th Floor. Unit 606. Jl. HR. Rasuna Said. Kav. 62. Jakarta Selatan. Indonesia

 

Call

T: +62-21-521-0793
F: +62-21-521-0794

 

Contact         @ExecuTrain_JKT

sales@executrain.co.id

  • w-tbird

 2013 by ExecuTrain of Jakarta.