top of page

TIPS Membangun sikap Proaktif di Lingkungan Kerja


Membangun sifat proaktif itu sangatlah penting untuk karir Anda, orang-orang yang aktif saat bekerja tentu mereka punya visi untuk karirnya. Ingin seperti mereka? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pakai.


Bangun Keyakinan dalam Diri Anda

Untuk menjadi orang yang proaktif, Anda harus membangun keyakinan dalam diri Anda sendiri. Tanamkan dalam diri Anda untuk tertantang meraih kesuksesan. Keyakinan yang ada dalam diri akan mendorong Anda untuk bekerja dan berusaha lebih maksimal.


Pandai Membaca Situasi

Untuk menjadi pekerja yang proaktif perlu pandai membaca situasi. Terima dan pelajari setiap umpan balik yang diberikan oleh atasan. Jika Anda mendapatkan sebuah kesempatan untuk berkembang jangan ragu untuk mengambilnya sebagai tantangan untuk maju. Sifat seperti inilah yang harus Anda bangun karena sifat ini baik untuk pengembangan karir Anda.


Stop Kebiasaan Menunda-nunda Pekerjaan

Menjadi proaktif berarti Anda perlu membangun kebiasaan baru yang lebih baik dan mulai meninggalkan semua kebiasaan lama termasuk kebiasaan menunda pekerjaan. Mulai berhenti melakukan kebiasaan ini sedini mungkin dan selesaikanlah pekerjaan sesuai waktu yang telah diberikan. Hilangkan pola kerja sistem kebut semalam karena sifat seperti itu hanya akan membuat Anda kewalahan dengan hasil kerja yang tidak maksimal.


Jangan Ragu untuk Mengeluarkan Ide Anda

Dalam audience besar kebanyakan orang memilih untuk diam seribu bahasa. Apakah ini yang dinamakan “silent is golden”? Tentu tidak, karena hasilnya tidak produktif. Maka mulailah sejak sekarang untuk membangun keyakinan/kepercayaan diri akan kemampuan Anda karena saat Anda percaya diri, semua potensi dan ide-ide cemerlang akan keluar. Untuk menjadi proaktif, Anda mengalahkan semua keraguan dalam diri Anda termasuk perasaan takut salah atau disalah-mengertikan.


Praktekan secara berkala dan konsisten maka Anda akan mengalami transformasi menjadi orang yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu.


Salam Produktif!



Recent Posts
Archive
bottom of page