March 18, 2019

Please reload

Recent Posts

Apakah Kepribadian Anda dan Saya?

April 24, 2018

Salah satu cara untuk menuju kesuksesan dalam hidup adalah belajar mengenal diri sendiri maupun orang lain. Dengan mengenali karakteristik dan sifat alami yang kita miliki. Dengan ini kita dapat lebih memaksimalkan potensi sebagai komunikator yang handal. Ada banyak teori mengenai tipe kepribadian.
Secara umum tipe kepribadian dibagi menjadi empat, yaitu Sanguin, Melankolis, Kolerik, dan Phlegmatik.

 

1. Sanguinis

Tipe Sanguin adalah orang yang sangat bersemangat dalam hidupnya. Ia selalu tampak ceria, hangat, bersahabat, dan sangat menikmati hidup. Hal ini disebabkan karena ia memiliki sifat yang mudah menerima. Seorang Sanguin cenderung lebih menggunakan perasaanya daripada pemikiranya saat ia mengambil keputusan, sangat menyukai kesenangan dan jarang sekali membiarkan hatinya bersedih terlalu lama. Ia juga tipe orang yang sangat suka bicara, dengan mudah ia dapat menularkan perasaan semangat-nya kepada orang lain melalui perkataannya. Gayanya yang ramai, bersuara agak keras, dan ramah membuatnya tampak percaya diri lebih daripada yang sebenarnya.

 

Selain itu ada beberapa hal yang perlu dihindari oleh Sanguin:

  • Bicara terus menerus (cerewet)

  • Memonopoli dalam pembicaraan

  • Menyela (memotong pembicaraan orang lain)

  • Membual (membesar-besarkan dari kenyataannya)

 

Tipe orang Sanguin merupakan pribadi yang menyenangkan, ingin merasa dirinya dikenal banyak orang, ide-idenya kreatif dan inovatif ingin dirinya menjadi trend setter agar orang lain mengikuti jejaknya.

 

2. Melankolis

Melankolis memiliki rasa seni yang tinggi, kemampuan analitis yang kuat, perfeksionis, sensitif, berbakat, dan rela berkorban. Perasaan sangat berpengaruh pada pribadi seorang yang Melankolis. Ia adalah orang yang introvert tapi apabila ia sedang berada dalam puncak suka citanya, ia bisa saja menjadi lebih extrovert. Pribadinya yang sangat perfeksionis cenderung membuatnya sering menyalahkan dirinya sendiri dan menjadi rendah diri. Padahal ia adalah seorang yang memiliki daya analitik yang hebat yang mampu mempehitungkan tantangan dan resiko dalam setiap proyek secara akurat. Perasaan mereka yang peka dan sensitif juga dapat membuat mereka menjadi pendendam dan sering terlihat murung. Melankolis cenderung memilih pekerjaan yang membutuhkan pengorbanan dan ketekunan, sekali ia memilih sesuatu maka ia akan tetap setia mengerjakanya.


 

Selain itu ada beberapa hal yang perlu dihindari oleh Melankolis:

  • Terlalu sensitif/perasa

  • Lebih banyak diam

  • Mudah depresi dan putus asa

  • Sering menyalahkan diri sendiri

 

Tipe orang Melankolis merupakan pribadi yang cerdas karena dia selalu memikirkan langkah apa yang akan diambil dalam memecahkan masalah. Akan tetapi pribadi Melankolis ini kadang terlalu lama dalam mengambil keputusan karena dia selalu memikirkannya matang-matang agar dia mendapatkan segala sesuatunya itu sempurna. Perasaannya sensitif, jika dia disakiti dia tidak akan mudah melupakannya. Akan tetapi tipe ini merupakan seorang teman yang setia, tidak suka menghianati teman. Dan juga dia ini ibarat orang yang suka bekerja di balik layar, tidak terlalu ingin dirinya menjadi pusat perhatian.

 

3. Kolerik

Seorang Kolerik memiliki kemauan kuat dalam mencapai sesuatu. Ia seorang yang berapi-api, aktif, praktis, cekatan, mandiri, dan sangat independen. Ia cenderung bersikap tegas dan berpendirian keras dalam mengambil keputusan bagi dirinya sendiri dan orang lain. Ia tidak perlu dirangsang oleh lingkungannya, tetapi justru ia merangsang lingkungannya melalui ide-idenya yang tidak pernah berakhir, rancangan, sasaran, dan ambisinya. Ia bukan tipe orang yang mudah menyerah terhadap tekanan dari orang lain. Bahkan tekanan tersebut justru semakin mendorongnya untuk terus maju. Bagian yang paling sedikit berkembang dari seorang koleris adalah emosinya. Orang kolerik memiliki tempramen yang meledak-ledak. Ia tidak mudah bersimpati kepada orang lain. Ia bukan orang yang dengan mudah mengekpresikan perasaannya kepada orang lain. Ia cenderung tidak peka terhadap kebutuhan orang lain. Ia cenderung bersifat dominan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.


 

Selain itu ada beberapa hal yang perlu dihindari oleh Kolerik:

  • Sok berkuasa

  • Mau menang sendiri - Keinginannya selalu ingin dituruti

  • Egois

  • Suka mengatur


 

Tipe orang Kolerik adalah tipe orang yang berjiwa suka memimpin, menyadari kesalahannya dan kemudian memperbaiki kesalahannya, punya kemauan kuat untuk meraih sesuatu yang diinginkan, biasanya aktif dalam suatu kegiatan, dan menargetkan apa yang akan dicapai.

 

4. Phlegmatic

Merupakan seorang yang memiliki sifat alamiah pendamai, tidak suka kekerasan. Merupakan orang yang mudah diajak bergaul, ramah, dan menyenangkan. Ia adalah tipe orang yang bisa membuat sekelompok orang tertawa terbahak-bahak oleh humor-humor keringnya meski ia sendiri tidak tertawa. Merupakan pribadi yang konsisten, tenang, dan jarang sekali terpengaruh dengan lingkunganya, tidak pernah terlihat gelisah. Di balik pribadinya yang dingin dan malu-malu, sesungguhnya ia memiliki kemampuan untuk dapat lebih merasakan emosi seseorang. Karena sifatnya yang menyukai kedamaian dan tidak menyukai pertikaian, ia cenderung menarik diri dari segala macam keterlibatan. Hal inilah yang sering kali menghambatnya untuk menunjukkan kemampuanya secara total dan terlihat cenderung pasif dan pemalas.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu dihindari oleh Phlegmatic:

 

  • Tidak terlalu memusingkan orang lain

  • Sepertinya tidak punya kepastian/pendirian (plin-plan)

  • Terlihat cuek

 

Tipe orang Phlegmatik merupakan pribadi yang sabar dan senang dalam menghadapi masalah, emosinya tidak meluap-luap ketika dia bahagia atau sedih, pendiam, mampu bekerja dalam tekanan, tidak suka pertengkaran, hati-hati dalam berucap kepada orang lain, menyenangkan.


Kembangkan diri Anda untuk bisa berkomunikasi lebih efektif dan bekerjasama dengan mengenali kepribadian masing-masing dalam team Anda. Jika Anda ingin lebih jauh memperlajari topik ini, kami menyiapkan pelatihan yang memperlengkapi kemampuan Anda dalam Komunikasi and Interpersonal skill.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload

Archive

Visit

Setiabudi 2 Building. 6th Floor. Unit 606. Jl. HR. Rasuna Said. Kav. 62. Jakarta Selatan. Indonesia

 

Call

T: +62-21-521-0793
F: +62-21-521-0794

 

Contact         @ExecuTrain_JKT

sales@executrain.co.id

  • w-tbird

 2013 by ExecuTrain of Jakarta.