March 18, 2019

Please reload

Recent Posts

Hilangkan Kebiasaan Negatif dalam Hidupmu

April 25, 2018

 

Sesuatu yang dilakukan berulang-ulang kali akan menjadi sebuah kebiasaan (habit). Sesuatu yang salah dan dilakukan terus-menerus bisa menjadi kebiasaan negatif. Kebiasaan negatif ini bisa menahan potensi, kesuksesan dan peluang Anda kedepan.

 

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan negatif ini? Bagaimana cara mengubah kebiasaan negatif menjadi kebiasaan positif? Ada sesuatu yang sudah dipelajari (learn), perlu dihapus/tinggalkan (unlearn) dan dipelajari ulang (relearn).

We are what we repeatedly do. Success is not an action but a habit - Aristotle

Untuk menggantikan kebiasaan negatif ini ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu, diantaranya:

 

1. Menetapkan tujuan Anda.

Tentukan tujuan yang praktis dan bisa dikerjakan misalnya memiliki umur panjang. Maka yang diperlukan adalah hidup sehat. Kebiasaan mengkonsumi junk food perlu dihentikan dan digantikan dengan makanan sehat secara progresif.

Cobalah juga untuk mengubah frase kalimat yang dipakai mengarah pada tujuan menjadi pernyataan positif. Misalnya, ubah dari mengatakan “Saya akan berhenti ngemil di malam hari” menjadi “Saya akan berlatih kebiasaan makan yang sehat”. Anda adalah hasil dari apa yang Anda katakan setiap hari.

Tuliskan tujuan Anda. Menuliskan tujuan akan membantu dalam berkomitmen. Hal ini juga dapat membantu jika ingin membagikan tujuan itu kepada seseorang yang Anda percaya disaat membutuhkan masukan atau bantuan darinya.

 

2. Menentukan sebuah kebiasaan pengganti.

Langkah ini sangat penting ketika Anda mencoba untuk mematahkan kebiasaan lama. Jika Anda ingin menghentikan kebiasaan lama maka miliki kebiasaan baru untuk menggantinya. Jika tidak menggantinya maka kebiasaan lama akan kembali.

 

3. Pelajari dan sadari pemicu kebiasaan.

Kebiasaan tidak ada secara independen. Seringkali, satu kebiasaan dikaitkan dengan bagian lain dari rutinitas. Sebagai contoh adalah kebiasaan ngemil. Pemicunya bisa saja karena Anda menonton televisi hingga larut malam yang secara otomatis mengambil sekantong keripik saat mulai menonton. Pikirkan tentang kapan dan mengapa Anda melakukan kebiasaan yang ingin dihentikan tersebut. Cari pemicu (trigger) dari tindakan tersebut.

 

4. Pasang pengingat untuk diri sendiri.

Anda dapat terbantu dengan membuat pengingat (reminder) dengan cara meletakan catatan di tempat dimana perilaku tersebut biasa terjadi. Atau bisa juga dengan meninggalkan pesan di tempat-tempat yang mudah terlihat seperti cermin, dibalik pintu, monitor komputer atau tempat-tempat yang pasti dilihat secara teratur.

 

5. Dapatkan bantuan dan dukungan dari orang lain.

Pekerjaan apa pun akan lebih mudah dengan bantuan orang lain. Bekerja menjadi lebih efektif jika Anda dapat bermitra dengan seseorang yang berbagi tujuan yang sama. Anda juga dapat memiliki teman akuntabilitas baik dari anggota keluarga atau rekan kerja untuk mengingatkan kembali tentang tujuan Anda. Satu tips yang cukup ampuh ialah mintalah bantuan kepada orang yang memiliki otoritas lebih tinggi atau orang yang Anda hormati dan yang selama ini menjadi role model bagi Anda.

 

6. Berikan Penghargaan dan Bersyukurlah

Beri penghargaan untuk kemajuan yang telah Anda capai pada interval waktu yang ditetapkan. Pikirkan dalam 1 minggu ini kebiasaan positif apa yang ingin dibangun. Beri hadiah pada diri Anda di akhir minggu, jika berhasil melakukannya agar memberikan motivasi pada minggu berikutnya.

Bersyukur adalah cara untuk menambah nikmat dari apa yang sedang Anda Bangun. Begitu pula kebiasaan positif adalah sebuah nikmat yang bisa kita ciptakan. Kemampuan Anda membangun kebiasaan positif patut untuk disyukuri untuk memudahkan kita mendapatkan nikmat lain, termasuk menciptakan kebiasaan positif baru.

 

Abigail Van Buren, seorang pembawa acara radio dan kolumnis berkewarnegaraan Amerika Serikat mengatakan: “A bad habit never disappears miraculously, It's an undo-it- yourself project.”

 

Selamat membangun kebiasaan positif, selamat membangun hidup yang lebih sukses dari pada saat ini. Tanggung jawab untuk menciptakan kebiasaan yang baik adalah tanggung jawab Anda pribadi. SEE YOU AT THE TOP!

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload

Archive

Visit

Setiabudi 2 Building. 6th Floor. Unit 606. Jl. HR. Rasuna Said. Kav. 62. Jakarta Selatan. Indonesia

 

Call

T: +62-21-521-0793
F: +62-21-521-0794

 

Contact         @ExecuTrain_JKT

sales@executrain.co.id

  • w-tbird

 2013 by ExecuTrain of Jakarta.