top of page

Microsoft SQL Server Business Intelligence Implementation


Latar Belakang

Dewasa ini Business Intelligence merupakan suatu kebutuhan pokok bagi suatu perusahaan agar bisa kompetitif di dalam bisnis. Kalau kita berbicara Business Intellgence (BI) maka kita berbicara mengenai Data. Data harus dikumpulkan dan diolah agar bisa menghasilkan nilai Business Intelligence.

Ada 5 komponen utama dari suatu Platform Business Intelligence yaitu :

  1. Data Sources (DS)

  2. Datawarehouse (DW)

  3. ETL (Extract Transform Load)

  4. BI Database (Cubes)

  5. Reports

Data Sources

Merupakan sumber-sumber data yang dibutuhkan untuk Datawarehouse. Bisa berupa RDBMS(Relational Database Management System), Text Files, XML Files, Excel, Access dan sebagainya.

Datawarehouse

Datawarehouse merupakan tempat pengumpulan data setelah diambil dari Data Sources dan diolah oleh proses ETL. Data di dalam Datawarehouse sudah dalam bentuk denormalisasi (Star Schema atau Snowflake Schema) dan sudah siap untuk dapat diproses/dimasukkan ke dalam BI Database (Cubes).

ETL (Extract Transform Load)

Merupakan proses pengolahan data agar dapat dimasukkan ke dalam Datawarehouse. Komponen ini merupakan komponen yang paling penting dalam platform BI dan biasanya juga merupakan komponen yang paling lama pengerjaannya. Proses ETL di dalam platform Microsoft SQL Server dilakukan oleh SSIS (SQL Server Integration Services).

BI Database (Cubes)

BI Database memuat Cubes yaitu data-data yang sudah dioptimalisasi untuk pembacaan (Read Optimized), dimana data dan agregasi (misalnya hasil operasi SUM) sudah dipersiapkan sehingga diminimalisir proses komputasi yang diperlukan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan. Engine untuk BI Database di dalam platform Microsoft SQL Server menggunakan SSAS (SQL Server Analysis Services).

Reports

Merupakan Aplikasi Web Report yang bisa mengambil dan menampilkan data dari Relational Database (Data Sources), dari Datawarehouse, dan dari BI Database (Cubes). Reports bisa digunakan untuk menganalisa Data Business Intelligence dan juga mempunyai fitur pencetakan (Print). Engine untuk Reports di dalam platform Microsoft SQL Server menggunakan SSRS (SQL Server Reporting Services).

(Kursus yang terkait dengan artikel ini : E-DB02: “Implementing Microsoft SQL Server 2012-2014 Business Intelligence “)

![endif]--


Recent Posts
Archive
bottom of page