March 18, 2019

Please reload

Recent Posts

Microsoft SharePoint Server 2019

February 26, 2019

 

 

 

Pada tanggal 10 Oktober 2018 Microsoft mengeluarkan produk barunya SharePoint Server 2019. Microsoft SharePoint Server 2019 merupakan generasi terbaru dari produk SharePoint Server yang dibuat berdasarkan platform inti yang sama dengan SharePoint Server 2016, yang memberikan skalabilitas dan unjuk kerja di tingkat Enterprise dengan menambahkan: fitur New Modern User Experiences (Modern team sites dan Communication sites) yang intuitif dan sama dengan yang ada di Office 365; integrasi hybrid dengan Office 365 dan kapabilitas-kapabilitas lainnya seperti OneDrive Files On-Demand.

 

Fitur-fitur Baru di SharePoint Server 2019

 

SharePoint Home Page

SharePoint Home Page memberikan Modern Experience yang sama dengan Office 365 dimana kita bisa dengan mudah menemukan dan mengakses situs-situs SharePoint yang ada di dalam organisasi. Kita juga bisa dengan mudah menemukan news dari situs yang kita follow maupun dari suggested sites.

 

Selain itu kita juga bisa dengan mudah membuat situs baru dari halaman ini (bila diberikan akses oleh administrator).

 

List dan Libraries

Experience penggunaan default lists dan library dioptimalkan untuk hal-hal yang anda sering lakukan. Kita bisa melakukan copy dan move files dengan menggunakan command bar. Melakukan pin documents, menambahkan files sebagai links, filter dan sort dengan mudah dan apply formatting untuk columns.

 

Perbedaan antara Classic dan Modern Lists/Libraries

Ada beberapa fitur classic yang berbeda atau tidak tersedia di modern view. Ini termasuk beberapa column types dan customization.


Switch antara Classic dan Modern lists/libraries

Anda bisa berpindah dengan mudah antara mode Classic dan Modern lists/libraries hanya dengan melakukan click pada link “Return to classic SharePoint”

 

Team Sites

Di dalam SharePoint Server 2019 kita bisa menggunakan Modern team sites yang dirancang untuk kemudahan berkolaborasi. Tampilannya sama persis dengan yang ada di Office 365. Dengan semua fitur-fitur modernnya, team sites dioptimasikan untuk tampil bagus di mobile devices.

 

Perbedaan antara Classic dan Modern Team Sites

Berikut ini adalah beberapa perbedaan besar antara classic dan modern team sites :

  • Home page: Ketika kita membuat classic team sites, web parts untuk Announcements, Calendar dan Links secara otomatis ditambahkan di dalam home page, sedangkan di dalam modern site, kita mendapatkan section untuk News, Quick links, Site activity dan sebuah Document library.

  • Branding: Menggunakan company branding sangatlah umum dalam SharePoint team sites, untuk classic sites kita mempunyai site themes, alternate CSS dan master pages. Walaupun elemen-elemen tersebut tidak disupport di dalam modern sites, ada beberapa cara baru yang lebih mudah untuk melakukan site customization dan branding. Contohnya kita bisa dengan cepat dan mudah mengubah warna dari SharePoint site dengan mengganti theme yang merefleksikan professional style dan brand yang anda inginkan.

  • Beberapa perbedaan lain antara classic dan modern team sites yaitu proses pembuatan site yang lebih cepat, in-line editing di dalam quick start menu, dan masih banyak lainnya.

 

Communication sites

Communication Site merupakan tempat yang bagus untuk mengkomunikasikan informasi kepada para pengguna SharePoint. Kita bisa berbagi informasi news, reports, status dan banyak informasi lainnya dalam format visual yang menarik. Tujuan dari communication site mirip dengan classic publishing sites, dengan beberapa perbedaan tentunya. Secara umum communication sites lebih sederhana untuk dibuat dan tidak tergantung kepada publishing site infrastructure

 

Perbedaan antara communication sites dan publishing sites

SharePoint publishing site biasanya digunakan untuk membuat intranet dan communication portals. Publishing sites biasanya lebih terstruktur, dibuat dengan menggunakan master pada dan site publishing template. Karena publishing portal adalah sebuah site collection maka di dalamnya pasti ada sub sites. Untuk membuat publishing site, publishing features harus diaktifasikan. Sebuah solusi komplit untuk publishing site dapat melibatkan design yang dalam dan pekerjaan development untuk membuat custom master pages dan design page layouts.

Communication site tidak bergantung kepada aktifasi publishing features; tidak menggunakan master page; dan secara umum tidak terlalu terstruktur. Communication site didisain untuk bisa digunakan tanpa membutuh sub sites. Communication site menggunakan modern pages dan web parts. Walaupun lebih tidak terstruktur, namun dalam communication site lebih mudah  untuk membuat sebuah halaman yang indah dan mobile-ready tanpa mengetik kode pemrograman. Halaman tersebut bisa dibuat dengan menggunakan satu dari 3 templates yang ada: Topic (dengan web parts untuk sharing information seperti news dan events), Showcase (dengan web parts menggunakan photos/images untuk showcase sebuah product, team atau event), atau Blank dengan menggunakan disain anda sendiri.

 

Pages dan Web Parts

Modern pages memungkinkan kita membuat pages yang responsive dengan cepat dan mudah, menggunakan fungsionalitas dari modern web parts. Pages mirip dengan classic web part pages dan publishing pages, tapi lebih tidak terstruktur dan lebih mudah untuk dibuat.

 

Perbedaan antara Classic Pages dan Modern Pages

Classic web part page di sebelah kiri, modern page di sebelah kanan

Web parts: Modern pages menggunakan modern web parts. Modern web parts didisain agar lebih mudah digunakan, lebih cepat dan tampilannya lebih bagus. Dengan menggunakan modern web parts, tidak dibutuhkan untuk mengetik kode pemrograman. Sangat penting untuk dicatat, bahwa untuk alas an security, modern web parts tidak mengijinkan pemasukan kode pemrograman seperti Jscript. Dan juga penting untuk diketahui bahwa classic web parts tidak bisa digunakan pada modern pages, dan modern web parts tidak bisa digunakan pada classic pages (kecuali ada developer yang membuat custom web part yang bisa digunakan di dalam classic page).

 

Untuk para Developers, SharePoint Framework bisa digunakan untuk membuat custom modern web parts yang bisa dimunculkan di web part toolbox. SharePoint Framework juga memungkinkan pembuatan custom extensions dan penggunakan Microsoft Graph API.

 

Mobile ready: Tidak seperti classic pages, modern pages (sebetulnya ini berlaku untuk semua modern features) didisain untuk bisa responsive dan terlihat bagus di mobile devices.

 

Layout : Ketika kita membuat classic web part page, kita memilih layout dengan web part zones untuk digunakan. Layout tidak bisa diganti setelah itu. Dengan modern pages, layout sangatlah flexible dan bisa diganti kapan saja.

 

Integrasi dengan Microsoft Flows dan PowerApps

Microsoft PowerApps merupakan layanan office 365 yang memungkinkan kita membuat aplikasi mobile dengan cepat dan mudah. Microsoft Flows merupakan layanan office 365 yang memungkinkan kita membuat aplikasi flows/workflows dengan cepat dan mudah. Baik PowerApps maupun Microsoft Flows dapat diintegrasikan dengan SharePoint Server 2019 sebagai Data Source dengan menggunakan On-premises data gateway.

 

Search

Selain classic search experience, SharePoint Server 2019 juga mempunyai modern search experience. Dalam modern search experience, kita bisa melihat hasil pencarian sebelum kita mengetik di dalam search box, dan hasilnya akan terupdate pada saat kita mengetik. Hasil pencarian menunjukkan overview dari pencarian , dikelompokkan berdasarkan tipe dan mudah untuk diekspansi untuk melihat semua hasil pencarian untuk masing-masing tipe. Modern search boxes terdapat di SharePoint home page, communication sites dan modern sites.

 

OneDrive Files On-Demand

OneDrive Files On-Demand memungkinkan anda mengakses semua files anda pada OneDrive tanpa perlu mendownload semuanya dan tidak menghabiskan storage space pada device anda. Ketika anda mengaktifkan Files On-Demand, anda dapat melihat semua files anda di File Explorer dan mendapatkan informasi baru untuk setiap file. File baru yang dibuat secara online atau pada device lain akan tampil sebagai online-only files, yang tidak akan memakan space di device anda.  Ketika anda terkoneksi dengan internet, anda dapat menggunakan files tersebut seperti files yang lainnya di device anda.

 

Summary

Microsoft SharePoint Server 2019 menawarkan fitur-fitur baru seperti Modern Experience (Modern Team Sites & Communication Sites), Hybrid Integration dengan Office 365 dengan mudah (PowerApps dan Flows), dan Microsoft OneDrive Files On-Demand.

 

Related Courses

  • 55215 SharePoint Online Power User

  • 20339-1 Planning and Administering SharePoint 2016

  • 20339-2 Advanced Technologies of Microsoft SharePoint 2016

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload

Archive

Visit

Setiabudi 2 Building. 6th Floor. Unit 606. Jl. HR. Rasuna Said. Kav. 62. Jakarta Selatan. Indonesia

 

Call

T: +62-21-521-0793
F: +62-21-521-0794

 

Contact         @ExecuTrain_JKT

sales@executrain.co.id

  • w-tbird

 2013 by ExecuTrain of Jakarta.