March 18, 2019

Please reload

Recent Posts

Microsoft Teams, The Hub For Teamwork In Office 365

March 18, 2019

 

Latar Belakang

Produk-produk di dalam Microsoft Office 365 sangatlah banyak dan berbeda-beda cara mengaksesnya sehingga terkadang tidak semua pengguna tahu bahwa suatu  produk itu ada dan akibatnya tidak semua produk di Microsoft Office 365 digunakan oleh pengguna.

Microsoft Teams merupakan sebuah produk di Microsoft Office 365 yang bisa mengintegrasikan berbagai produk yang ada dari mulai SharePoint, Outlook Group, Skype for Business dan berbagai macam aplikasi bisa diakses di platform ini. Microsoft Teams bisa diakses dengan menggunakan Desktop Software di PC, hal terkesan sangatlah sederhana namun sangat membantu sekali karena tidak semua pengguna mau dan tahu cara mengakses Microsoft Office 365 dengan menggunakan Internet Web Browser. Selain itu Microsoft Teams bisa juga diakses dari mobile devices seperti handphone dan tablet.

 

Komunikasi dan Meeting

Microsoft Teams memberikan platform komunikasi yang realtime sehingga setiap anggota tim dapat menerima informasi-informasi yang mereka butuhkan di setiap saat.

Chat merupakan salah satu bentuk komunikasi (melalui teks) yang ada di Microsoft Teams. Semua anggota tim dapat dihubungi dengan chat, selain itu ada juga fitur sharing files yang memungkinkan kita untuk melakukan sharing file excel, gambar, audio, video dan sebagainya.

 


Dengan adanya Integrasi Microsoft Skype for Business ke dalam Microsoft Teams kita dapat melakukan Audio Call dan Video Call.

 

Selain itu kita juga bisa melakukan Audio/Video Meeting di Microsoft Teams, ini juga merupakan satu fitur bawaan Microsoft Skype for Business.

Microsoft Outlook Group dan SharePoint

 

 

Pada saat kita membuat Team baru di Microsoft Teams otomatis kita akan dibuatkan 1 Microsoft Outlook Group dan 1 Microsoft SharePoint Site beserta Document Librarynya.

 

 

Aplikasi yang Terintegrasi

Kita bisa juga menampilkan dan berinteraksi dengan aplikasi-aplikasi di luar Microsoft Teams dengan menambahkan Tab baru. Pada contoh gambar di bawah diperlihatkan Microsoft Power BI yang sudah ditambahkan di dalam salah satu Tab di Microsoft Teams.

 

Menggunakan AI Bots

Kita juga bisa menggunakan AI (Artificial Intelligence) Bots di Microsoft Teams. AI Bots ini bisa dibuat sendiri oleh software developers  atau kita bisa memakai Bots yang sudah jadi misalnya T-Bots(gambar di atas) yang mempunyai fungsi sebagai tempat bertanya FAQ (Frequently Asked Question). Contoh lain dari Microsoft Teams Bot adalah Meekan (gambar di bawah) yang mempunyai fungsi auto scheduling atau mengatur jadwal di calendar secara otomatis.

 

 

Kesimpulan

Microsoft Teams merupakan solusi platform komunikasi berbasiskan cloud (Microsoft Office 365) yang kaya akan fitur antara lain Text Based Messaging (Chat), Audio/Video Call/Meeting, Files Sharing, Apps Integration dan AI Bots.

 

Kursus-kursus Terkait

- Course 55154A: Office 365 for the End-User

- Course 55215A: SharePoint Online Power User

- Course 55238A: SharePoint Online for Administrators

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload

Archive

Visit

Setiabudi 2 Building. 6th Floor. Unit 606. Jl. HR. Rasuna Said. Kav. 62. Jakarta Selatan. Indonesia

 

Call

T: +62-21-521-0793
F: +62-21-521-0794

 

Contact         @ExecuTrain_JKT

sales@executrain.co.id

  • w-tbird

 2013 by ExecuTrain of Jakarta.