top of page

Mengapa harus Certified?


Manfaat Certification

Mungkin anda bertanya-tanya untuk apa mengambil Certifications, untuk apa Certified? Ada 3 hal yang mungkin akan mendorong anda untuk mengambil Certifications :

  1. Mendapatkan Pengetahuan dan Ketrampilan

  2. Meningkatkan Karir

  3. Diakui secara Akademis

Mendapatkan Pengetahuan dan Ketrampilan

Dengan mengambil Certification Programs anda akan mempelajari secara lengkap Pengetahuan (Knowledge) dan Ketrampilan (Skills) yang dibutuhkan untuk melakukan implementasi sebuah Aplikasi atau Teknologi tertentu. Dengan Pengetahuan dan Ketrampilan tersebut seorang Profesional TI (Teknologi Informasi) bisa menyelesaikan tugas-tugasnya yang kompleks dengan sukses. Pada akhirnya Certifications akan meningkatkan produktifitas seorang Profesional TI.

38%

Profesional TI mengklaim sertifikasi membantu mereka melakukan tugas yang kompleks dengan lebih percaya diri.

Pearson VUE, The Value of IT Certification Survey, January 2016

39%

Pekerja TI baru yang bersertifikat mencapai produktivitas penuh 39% lebih cepat dari rekan-rekan mereka.

IDC/Microsoft, The Business Value of IT Certification, November 2015

Meningkatkan Karir

Certification bisa membuat anda mempunyai peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu secara rata-rata seseorang yang Certified di platform Microsoft mempunyai penghasilan 15% lebih besar dibandingkan rekan-rekan kerjanya yang tidak mempunyai Certification. Selain itu seorang pekerja TI yang Certified lebih sering dipercaya untuk melakukan supervisi terhadap rekan-rekan kerjanya – ini merupakan jalur cepat untuk promosi.



“Saya bertanggung jawab untuk tim yang terdiri dari 30 orang. Perusahaan saya tumbuh dan berkembang. Ketika kami mempekerjakan seseorang yang baru, kami memeriksa sertifikasi dan pengalamannya. Orang yang tidak bersertifikat dikeluarkan dari pertimbangan.”

Peter De Tender

Infrastructure architect | Belgium

91%

Manager yang akan melakukan perekrutan mempertimbangkan sertifikasi sebagai bagian dari kriteria mereka.

Microsoft, Microsoft Certification Program Satisfaction Study, April 2012

“Pekerja-pekerja TI yang memiliki sertifikasi memiliki lebih banyak kesempatan untuk kemajuan karirnya.”

IDC/Microsoft, The Business Value of IT Certification, November 2015

“Sertifikasi, pelatihan, dan pengalaman adalah tiga dari empat karakteristik terpenting saat memilih kandidat untuk posisi yang terkait dengan teknologi Cloud.”

IDC/Microsoft, Climate Change: Cloud's Impact on IT Organizations and Staffing, November 2012

Dan ketika anda sudah Certified, anda dapat membagikan pencapaian anda dengan cara yang dipercaya dan dapat diverifikasi dengan menggunakan lencana Microsoft Badge ! Lencana Microsoft Badge mempermudah anda untuk membagikan sertifikasi anda secara online (melalui internet) dalam jaringan profesi anda, mempermudah menemukan perusahaan yang mencari kandidat dengan profil seperti anda, menemukan potensi gaji Anda, dan mempermudah dalam mencari pekerjaan.

“Dua puluh enam persen dari profesional TI mengatakan mereka menerima tawaran pekerjaan atau promosi saat membagikan lencana Microsoft Bdage mereka kepada calon majikan.”

Pearson VUE, The Value of IT Certification Survey, January 2016

Diakui secara Akademis

Tidak banyak yang mengetahui bahwa dengan mengambil Certification akan sebenarnya juga mendapat point kredit akademis (academic credit points) yang diakui oleh institusi-institusi pendidikan tertentu.

Berikut ini adalah beberapa institusi pendidikan yang menerima ijazah Microsoft Certifications sebagai point kredit akademis (academic credit points) :

  1. ACE (American Council on Education) - US

  2. NCC (National Computing Centre) Education - UK

American Council on Education (ACE) adalah organisasi pendidikan tinggi A.S. yang didirikan pada tahun 1918. Terletak di Washington, DC, organisasi pendidikan ini mempunyai anggota sekitar 1.800 perguruan tinggi.


College Credit bisa diperoleh hanya dengan mendapatkan Microsoft Office Certification.

College Credit bisa diperoleh dengan mendapatkan Microsoft Certifications seperti terlihat di bawah ini :

Untuk melihat daftar lengkap Microsoft Certifications yang bisa ditukar dengan College Credit silahkan membuka link di bawah ini :

Earn American Council on Education (ACE) College Credit with Microsoft Exams

Untuk melihat daftar lengkap Perguruan-perguruan Tinggi di AS yang bekerja sama dengan ACE silahkan membuka link di bawah ini

ACE Credit College and University Network

Berikut ini adalah UMUC (University of Maryland University College) salah satu contoh Perguruan Tinggi di AS yang bekerjasama dengan ACE :

[if gte vml 1]><o:wrapblock><v:shapetype id="_x0000_t75" coordsize="21600,21600" o:spt="75" o:preferrelative="t" path="m@4@5l@4@11@9@11@9@5xe" filled="f" stroked="f"> <v:stroke joinstyle="miter"></v:stroke> <v:formulas> <v:f eqn="if lineDrawn pixelLineWidth 0"></v:f> <v:f eqn="sum @0 1 0"></v:f> <v:f eqn="sum 0 0 @1"></v:f> <v:f eqn="prod @2 1 2"></v:f> <v:f eqn="prod @3 21600 pixelWidth"></v:f> <v:f eqn="prod @3 21600 pixelHeight"></v:f> <v:f eqn="sum @0 0 1"></v:f> <v:f eqn="prod @6 1 2"></v:f> <v:f eqn="prod @7 21600 pixelWidth"></v:f> <v:f eqn="sum @8 21600 0"></v:f> <v:f eqn="prod @7 21600 pixelHeight"></v:f> <v:f eqn="sum @10 21600 0"></v:f> </v:formulas> <v:path o:extrusionok="f" gradientshapeok="t" o:connecttype="rect"></v:path> <o:lock v:ext="edit" aspectratio="t"></o:lock> </v:shapetype><v:shape id="Picture_x0020_8" o:spid="_x0000_s1026" type="#_x0000_t75" style='position:absolute;left:0;text-align:left;margin-left:0;margin-top:30.2pt; width:112.5pt;height:63.75pt;z-index:251665408;visibility:visible; mso-wrap-style:square;mso-width-percent:0;mso-height-percent:0; mso-wrap-distance-left:9pt;mso-wrap-distance-top:0;mso-wrap-distance-right:9pt; mso-wrap-distance-bottom:0;mso-position-horizontal:left; mso-position-horizontal-relative:margin;mso-position-vertical:absolute; mso-position-vertical-relative:text;mso-width-percent:0;mso-height-percent:0; mso-width-relative:page;mso-height-relative:page' stroked="t" strokecolor="#4472c4 [3204]"> <v:imagedata src="file:///C:/Users/Sylvia/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.jpg" o:title=""></v:imagedata> <w:wrap type="topAndBottom" anchorx="margin"></w:wrap> </v:shape><![endif][if !vml][endif][if gte vml 1]></o:wrapblock><![endif] NCC (National Computing Centre) Education

NCC Education Ltd. adalah penyedia global pendidikan dari Inggris dan lembaga pemberi penghargaan pendidikan dari Inggris. Perusahaan ini memberi siswa kesempatan untuk mendapatkan kualifikasi pendidikan dari Inggris yang diakui secara internasional dengan belajar di salah satu jaringan global mitranya yang terakreditasi, di dalam kelas maupun secara online.

NCC Education mempunyai cabang di 50 negara dan bekerja sama dengan perguruan-perguruan tinggi di Inggris (UK) antara lain University of Worcester, University of Greenwich dan University of Hertfordshire.

Berikut ini adalah daftar dari Microsoft Certifications yang diakui poin kredit akademisnya oleh NCC Education Ltd :


Microsoft Certifications

Ada 2 kategori Microsoft Certifications yaitu :

  1. Non-Technical (Business / End User)

  2. Technical (IT Pro / Developer)

Non-Technical (Business / End User)

Kategori ini dibagi lagi menjadi 2 Tingkatan

  1. Microsoft Office Specialist (MOS)

  2. Microsoft Office Specialist Expert (MOS Expert)

Technical (IT Pro / Developer)

Kategori ini dibagi menjadi beberapa Area :

  • Mobility (Windows 10)

  • Cloud Platform & Infrastructure (Windows Server, Azure, Linux, Private Cloud)

  • Productivity (Office 365, Exchange Server, SharePoint Server, Skype for Business, Windows Server)

  • Data Management & Analytics (SQL Server, Azure, BI, Machine Learning)

  • App Builder (Visual Studio, Universal Windows Platform, Web Apps, Azure, SharePoint Server)

Technical Level Certifications mempunyai tingkatan-tingkatan tertentu sebagai berikut :

  1. Microsoft Technology Associate (MTA) : Tingkat Siswa / Pelajar

  2. Microsoft Specialist (MS) : Tingkat Pemula

  3. Microsoft Certified Solution Associate (MCSA) : Tingkat Menengah

  4. Microsoft Certified Solutions Expert (MCSE) : Tingkat Mahir di bidang IT Infrastructure (dan Database/Business Intelligence)

  5. Mcrosoft Certified Solutions Developer (MCSD) : Tingkat Mahir di bidang Development

Untuk mengetahui lebih detil silahkan membuka link-link di bawah ini :

  • Microsoft Office Specialist : http://www.executrain.co.id/microsofofficespecialist

  • Microsoft Certifications (Technical) : http://www.executrain.co.id/microsoftcertification

  • Microsoft Specialist Certifications : http://www.executrain.co.id/microsoft-specialist-certification

Kesimpulan

Ada banyak keuntungan dari Certifications antara lain meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, meningkatkan karir dan memperoleh poin kredit akademis di institusi pendidikan tertentu.

Microsoft Certifications mempunyai 2 kategori yaitu Non Technical dan Technical. Kategori Non Technical mencakup Area Microsoft Office sedangkan Kategori Technical mencakup banyak Area di bidang IT Infrastructure dan Development.


Recent Posts
Archive
bottom of page