Bagaimana meningkatkan produktifitas kerja?



Setiap orang mau bekerja secara produktif, tetapi bagaimana menjadi produktif? Perusahaan sudah mencoba berbagai cara untuk meningkatkan KPI. Banyak masukan mulai dari memperbaiki sistem, merubah cara memimpin, memberikan nilai-nilai baru, menciptakan budaya yang baru, menggerakan team agar menjadi proaktif, dan lain-lain namun apakah kita pernah melihat dari sisi yang berbeda? Dari sisi psikologi, dapat digali beberapa pertanyaan dibawah ini:


  • Apakah saya bangga dengan pekerjaan saya?

  • Apakah saya termasuk top 20% dari departemen saya?

  • Apakah saya sesungguhnya menyukai diri saya?

  • Apakah ada aspek lain dari pekerjaan yang membuat saya tidak nyaman?

  • Apakah saya bisa menghadapi kegagalan/ditolak oleh pelanggan (eksternal maupun internal) dengan baik?


Sebetulnya semua pertanyaan ini dapat terangkum dalam dua kata “konsep diri (self concept)”. Hal ini penting terutama untuk Anda yang bekerja di bidang sales, services dan front-line - yang langsung berhubungan manusia.


Jujurnya, sulit untuk melakukan pekerjaan yang dipercayakan jika memiliki konsep diri yang salah, karena yang perlu dilakukan adalah bagaimana Anda menyakinkan pengguna layanan Anda. Akan mudah diyakinkan, jika bisa menjual citra diri Anda (self image) dengan baik. Hal ini sangat erat hubungannya bagaimana menilai Anda sendiri (self value).


Kapan sebetulnya citra diri ini mulai terbentuk? Citra diri terbentuk sejak usia muda hingga dewasa secara bertahap/progresif. Citra diri yang buruk akan selalu membuat kita melihat diri tidak pernah baik, walaupun pencapaian kita termasuk diatas rata-rata. Pencapaian kita adalah hasil dari citra diri yang baik bukan sebaliknya. Ken Blanchard dalam bukunya The One Minute Manager mengatakan “People who feel good about themself produce good results”. Jika citra diri kita baik, maka dengan yakin kita bisa menghadapi atasan, teman sekerja bahkan pelanggan karena kritik bisa dipakai untuk memperbaiki diri bukan untuk menyerang. Jika tidak maka kita akan menjadi pesimis dan kehilangan spirit untuk menjadi produktif.

Hal ini mungkin bisa menjadi salah satu tantangan tim Anda, Anda melihat orang ini begitu berpotensi tetapi kenapa tidak berhasil dalam pencapaiannya. Dan terkadang kita merubah penampilan luarnya, tetapi kondisi dalamnyalah yang penting karena energi itu keluar dari dalam bukan sebaliknya.


ExecuTrain telah memberikan pelatihan tentang bagaimana memperbaiki citra diri dan pelatihan ini membantu peserta untuk mulai menemukan produktivitas mereka di dalam perusahaan. Tidak hanya keahlian teknikal yang diberikan oleh perusahaan, tetapi kemampuan soft skill seperti memperbaiki citra diri (self image improvement) juga dibutuhkan.


Temukan citra diri Anda sesungguhnya dan kembangkan terus potensi terbaik Anda dan capailah mimpi sebesar-besarnya, karena Anda hanya dapat mencapainya sesuai cara Anda melihat diri sendiri. Terus melihat diri Anda yang berhasil dan mempunyai pencapaian yang luar biasa.


Salam produktif!

(BD)



Recent Posts
Archive