Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda



Ada berbagai cara untuk meningkatkan daya ingat. Ingatan kita layaknya organ tubuh lainnya yang membutuhkan latihan teratur agar selalu dalam kondisi baik. Daya ingat memerlukan pelatihan khusus agar tetap dalam kondisi prima dan kemampuannya meningkat.

Fungsi kerja otak menurun pada orang-orang berusia lanjut. Itulah mengapa kakek dan nenek kita kerap kali menderita penyakit pikun atau mudah lupa. Meskipun demikian, tidak sedikit pula orang muda yang mudah lupa alias daya ingatnya tidak baik. Apakah Anda salah satu dari mereka?


Beberapa Penyebab Berkurangnya Daya Ingat

Depresi

Peristiwa-peristiwa yang sangat serius yang melukai jiwa manusia, seperti kehilangan orang yang dicintai, biasanya disertai dengan depresi dan menyebabkan penurunan daya ingat. Penting untuk mencari bantuan dan nasehat dari dokter berkualitas.

Diabetes

Kegagalan sistem vaskular yang terus berlanjut pada diabetes dan tidak diobati secara efektif berkontribusi terhadap menurunnya daya ingat. Penyakit kronis lainnya seperti pada hati, paru-paru dan ginjal juga mempengaruhi daya ingat. Dalam kasus diagnosa secara dini dan dilanjutkan dengan pengobatan akan memperbaiki daya ingat dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Alkohol dan obat-obatan

Para pecandu alkohol pada awalnya memiliki masalah dengan daya ingat jangka pendek, kemudian amnesia ini dapat menjadi lebih parah dengan masalah dengan daya ingat jangka panjang. Obat lainnya seperti Ekstasi juga menyebabkan kerusakan serius pada daya ingat.

Kurangnya Vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan bagi otak agar dapat berfungsi maksimal. Vitamin B12 ditemukan pada ikan, telur, daging, unggas, susu dan produk susu. Vitamin ini membantu sistem peredaran darah dan kesehatan otak.

Kurang Tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa dibutuhkan setidaknya 6 jam tidur untuk daya ingat berfungsi pada potensi maksimalnya. Jika kita mendapatkan cukup tidur, maka bukan hanya daya ingat saja menjadi lebih baik tetapi juga akan meningkatkan kemampuan mengatasi stres sehari-hari.


Beberapa cara yang dapat diadopsi untuk meningkatkan daya ingat Anda. Yang utama adalah yang disebutkan di bawah ini:


Tidur Cukup di Malam Hari

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University membuktikan bahwa manusia akan memiliki otak yang lebih kuat ingatannya jika mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Tidur cukup juga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk hal-hal yang lebih menantang.

Tidur yang cukup juga berlaku untuk pekembangan otak balita. Balita yang dibiasakan untuk tidur siang terbukti akan memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik ketika dewasa nantinya.


Hidup Teratur

Sering melupakan suatu acara, hari ulang tahun, atau janji pertemuan dengan rekan kerja? Milikilah sebuah agenda harian atau install aplikasi organizer yang banyak secara gratis dibagikan untuk digunakan pada smartphone Anda.

Memiliki agenda harian akan membuat seseorang lebih fokus dan meningkatkan ingatan. Jika memiliki sebuah agenda, usahakan membawa ke mana pun agenda tersebut sehingga ketika ada hal yang perlu dicatat, Anda sudah siap sedia dan tidak lupa untuk mencatatnya.


Membuat Kategori

Kalau Anda suka pakai aplikasi evernote, pocket, feedly, blog, dan sebagainya, berikanlah kategori setiap konten. Ketika Anda meyimpan file, rapihkanlah dalam folder. Bisa juga ketika Anda menulis di binder, pisahkanlah kategori setiap kertas dalam beberapa lembar seperti halnya membaginya dalam kategori diary, agenda to-do list, keuangan, ilmu, corat-coret brainstorm dan sebagainya. Ketika Anda membereskan amar, pisahkan barang-barang elektronik, barang-barang konsumsi, barang-barang yang tidak sering dipakai, dan lain sebagainya.


Relaksasi dan Bersosialisasi

Interaksi sosial dapat merangsang otak. Selain itu, hubungan saling mendukung dalam keluarga akan menjaga tingkat stres tetap rendah sehingga mencegah produksi hormon cortisol yang berlebih.


Berolahraga Teratur

Saat manusia berolahraga, otak akan bekerja pada kapasitas maksimalnya, sehingga memicu perbanyakan sel saraf yang kemudian akan memperkuat ikatan antar sel otak dan menjaganya dari kerusakan. Selain itu, sel saraf juga mengeluarkan protein yang bernama fakto neurotropis. Protein ini akan memicu produksi berbagai zat kimia untuk otak yang lebih sehat serta peningkatan kemampuan kognitif, termasuk kemampuan belajar.

Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari dalam latihan yang sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang. Terbukti secara ilmiah bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggu secara substansial akan meningkatkan daya ingat pada orang-orang di atas usia 50 tahun.


Sarapan di Pagi Hari

Sarapan secukupnya telah terbukti meningkatkan kapasitas kinerja seseorang di pagi hari apalagi kalau disertai sayur-sayuran dan lauk-pauk yang pas, seperti halnya telur, ikan, brokoli, dan lain-lain.

Menurut Larry McCleary, M.D., pengarang buku “The Brain Trust Program”, makan telur pada pagi hari itu termasuk sarapan yang ideal karena telur itu sangat berkhasiat dengan kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk membantu sel-sel saraf ketika membakar glukosa, mengandung antioksidan yang bisa mencegah kerusakan neuron, mengandung asam lemak omega-3 yang bisa membantu sel-sel neuron bekerja dengan optimal.


Konsumsi Makanan yang mengandung Nutrisi untuk Otak

Apa yang kita makan setiap hari, mempengaruhi kinerja dan kondisi daya ingat kita dalam jangka panjang. Kaya akan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf.

Lebih baik untuk makan lebih banyak buah dan sayuran daripada menelan vitamin formulasi, serta mengurangi makanan yang banyak mengandung gula.

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat adalah:

1. Sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada

2. Brokoli dan kembang kol

3. Jus buah

4. Berbagai macam berry, buah delima

5. Kacang-kacangan

6. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel

7. Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya


Mencari aktivitas baru

Setiap kali anda mengharuskan pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang baru, anda berarti memicu kekuatan baru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Mempelajari hal baru yang membutuhkan kemampuan kognitif seperti menjahit atau merajut menurut sebuah penelitian cukup berhasil dalam menjaga daya ingat pada para lansia.

Berbagai pilihan dapat dilakukan misalnya membaca buku, mempelajari instrumen musik, merakit puzzle, berkebun, atau membuat kerajinan tangan.


Melakukan Permainan Otak

Cobalah secara rutin melatih otak dengan melakukan permainan otak paling tidak selama 20 menit dalam sehari. Jika Anda tidak terlalu menyukai permainan otak, Anda bisa belajar bahasa asing atau mengembangkan hobi dan kemampuan baru. Mengerjakan teka-teki silang, sudoku, dan games atau permainan berpikir lainnya. Neurobics melibatkan perubahan rutinitas atau melakukan tugas-tugas yang berbeda untuk membuat jalur saraf (neural pathways) yang baru. Misalnya, menggunakan tangan kiri untuk menyikat gigi.


Melatih Konsep Mnemonik

Konsep mnemonik dikenal pula dengan jembatan keledai. Anda mungkin pernah diajarkan untuk lebih mudah mengingat sesuatu dengan cara membuat jembatan keledai ini.

Mnemonik dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain: membuat akronim atau singkatan, memvisualisasikan suatu benda untuk mengingat hal yang harus dilakukan, memotong-motong informasi sehingga lebih mudah untuk diingat, seperti saat mencoba mengingat nomor telepon.


Repetisi Ingatan

Pengulangan atau repetisi adalah sebuah cara yang rasanya memang dibutuhkan jika ingin meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat sesuatu. Setelah mempelajari sesuatu, berikan jeda beberapa saat, kemudian lakukan review kembali atas apa yang telah Anda pelajari. Hal ini akan membuat otak terlatih untuk membuka ingatan masa lalu sehingga tidak mudah melupakan hal-hal penting.

Hindari Multitasking

Multitasking memang diperlukan dalam pekerjaan sehari-hari, apalagi bagi para ibu rumah tangga yang setiap hari selalu sibuk di rumah. Namun, ternyata terlalu sering menyelesaikan pekerjaan secara multitasking dapat berdampak negatif pada daya ingat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap manusia rata-rata membutuhkan sekitar 8 detik untuk menyimpan memori ke dalam otak. Sehingga ketika misalnya seseorang menelepon sambil mengangkut barang belanjaan dan meletakkan kunci, kemungkinan Anda akan tidak fokus dan beberapa menit kemudian tidak berhasil mengingat salah satunya.

Sebaliknya, orang yang fokus menyelesaikan suatu pekerjaan akan memiliki ingatan yang lebih baik. Oleh karena itu, selesaikan satu pekerjaan sebelum Anda mulai mengerjakan pekerjaan lain.


Visualisasikan Ingatan dengan Gambar

Terkadang orang lebih ingat isi komik yang ia baca, daripada text book biasa. Itu pula sebabnya, data dalam infographic lebih mudah teringat, daripada data pada layout biasa.

Bagi orang-orang yang tidak memiliki ingatan fotografis (photographic memory), mengingat nama orang dan wajahnya bisa menjadi suatu hal yang sulit. Terkadang orang hanya mengenali wajah orang lain tanpa mampu mengingat namanya. Di lain waktu, ada orang yang hanya sanggup mengingat nama dan tidak terbayang wajahnya.

Untuk masalah ini, ada baiknya Anda melakukan visualisasi demi ingatan yang lebih baik tentang orang lain. Visualisasi dapat dilakukan misalnya dengan mengambil foto bersama saat bertemu, dan menyimpannya di ponsel sebagai foto kontak, sehingga ketika dihubungi selanjutnya, Anda sudah mengenali nama dan wajah orang tersebut.


Menulis

Menulis aktivitas dan hal penting dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Hal ini terlihat sepele, tetapi cara ini cukup efektif. Jika anda khawatir lupa tentang sesuatu yang penting maka tulislah di buku harian atau selembar kertas.

Aktivitas menulis menciptakan aliran oksigen ke area otak sehingga sesuatu yang Anda tulis akan mudah diingat daripada tidak ditulis. Menulis akan membantu untuk meningkatkan kapasitas memori untuk mengingat dan menghafal informasi. Aktivitas menulis akan menciptakan pengalaman, melibatkan lebih banyak indera dan menetap dipikiran bawah sadar.


Nikmati Terus-Menerus

Apa yang ingin Anda ingat, buatlah tulisan atau gambarnya, kemudian coba tempelkan ditempat yang sering Anda lihat. Tempelkan di meja belajar, dinding, wallpaper smartphone, wallpaper laptop, dan lain-lainnya. Kalau ada bentuk audionya, jadikan juga sebagai ringtone SMS, telpon, dan alarm.


Minta Bantuan Orang Lain Untuk Mengingatkan Anda

Kerahkan apa yang bisa Anda jadikan sebagai tanda pengingat. Sekiranya dinding kamar sudah, audio sudah, video sudah, buku sudah, jangan lupakan satu hal yakni, orang-orang di sekeliling Anda. Ini juga cara yang cukup efektif, seperti halnya meminta mereka mengingatkan untuk membangunkan kita., mengingatkan kita untuk agenda selanjutnya, meningatkan kita tentang suatu peristiwa, dan lain-lainnya.


Jangan Panik

Menjadi Proaktif, karena hal tersebut merupakan salah satu habit dari highly effective people. Orang yang kerap panik terhadap suatu masalah, dia menjadi tidak seperti dirinya yang biasanya dan melakukan hal-hal yang tidak biasa pula ia lakukan seperti berbohong, kasar, menghina, dan lain-lainnya.

Kenapa? Saat fokus, Anda banyak menggunakan emosi dan mengecilkan peran analisa dengan akal budi. Sedangkan informasi terdahulu, tersimpan di akal.


Jangan Memikirkan Terlalu Banyak Hal yang Tidak Penting

Memikirkan dan melakukan banyak hal dapat membuat Anda sering lupa. Hal ini karena Anda terlalu memikirkan dan memperhatikan banyak hal secara bersamaan. Kinerja otak tidak bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Anda akan sulit membaca buku atau melakukan percakapan dengan teman pada waktu yang sama. Kondisi ini tentu menurunkan konsentrasi. Otak membutuhkan sekitar delapan detik untuk menyimpan informasi dalam memori. Rileks dan jangan melakukan banyak hal secara bersamaan.


Teruslah Belajar

Belajar bukan hanya tugas para pelajar. Bagi Anda yang sudah bekerja pun juga bisa membiasakan untuk terus belajar. Dengan belajar setiap hari maka akan memiliki wawasan, pengetahuan, ilmu, dan informasi baru yang muncul. Media komunikasi saat ini pun sudah semakin canggih sehingga Anda dapat belajar dimana saja. Anda bisa gunakan gadget untuk belajar karena banyak sumber informasi yang dapat dibaca. Dengan demikian, pengetahuan akan terus dan terus bertambah.


Ajarkan kepada Orang Lain

Cara ini lebih efektif lagi, dan lebih hebat lagi. Itu sebabnya, seorang pengemban dakwah (bisa otomatis mengeluarkan dalil karena dia terbiasa menyampaikannya), mentor, guru, dan dosen, serta pemberi materi lainnya, bisa dengan mudahnya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan, karena sudah berulang kali mengatakan hal tersebut. (EN)



Recent Posts