Tips Menghargai Orang Lain


Pada dasarnya setiap orang ingin dihargai. Jika Anda ingin dihargai oleh orang lain, Anda harus lebih dulu menghargai orang lain. Pada kenyatannya tidak semua orang tahu cara menghargai orang lain. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan.


1. Bersikap Ramah: bersikaplah ramah terhadap orang lain maka orang lain juga akan menunjukkan sikap bersahabat kepada Anda.


2. Bersikap Adil: bersikap adil kepada semua orang membuat setiap orang merasa dihargai dan diperlukan. Setiap orang ingin diperlakukan dengan adil. Jika seseorang merasa diperlakukan tidak adil, maka ia akan cenderung memberikan respon tidak baik.


3. Jangan Menghina atau Merendahkan: menghargai orang lain berarti tidak merendahkan derajatnya di depan umum. Menghina atau merendahkan orang lain dapat membuat ia sakit hati. Hindari menggunakan kata-kata yang menyakiti perasaan orang lain.


4. Hormati Pendapat Orang Lain: mendengarkan adalah sebuah bentuk apresiasi. Setiap orang ingin dihargai saat berbicara atau mengemukakan pendapat. Dengarkan dan hormati pembicaraan orang lain sekalipun Anda tidak sependapat. Berikan pendapat Anda jika diminta.


5. Berikan Dukungan: anda dapat memberikan dukungan secara moril jika Anda setuju terhadap perbuatan baik atau ajakan baik seseorang. Hal ini membuat seseorang yang telah berusaha berbuat baik merasa dihargai.


6. Perhatikan Apa yang disukai dan tidak disukai: mengetahui apa yang disukai dan yang tidak disukai dari seseorang membantu Anda untuk menghindari sesuatu yang membuat orang lain tidak senang, sengaja maupun tidak sengaja.


7. Jangan Menyindir: hargai orang lain dengan tidak mengungkit keburukan/kelemahannya, meskipun Anda tidak secara langsung menyebutkan namanya. Menyindir adalah membicarakan dengan sengaja tentang keburukan seseorang secara tidak langsung. Bagi orang yang merasa disindir, itu sama saja dengan mengkomunikasikan penghinaan yang merendahkan dirinya.


8. Jangan Membicarakan Kejelekan Orang: menghargai orang lain adalah tidak membesar-besarkan kekurangan mereka. Membicarakan kejelekan orang lain di belakangnya dapat menjatuhkan kredibilitas orang tersebut. Ingatlah akan kekurangan diri anda sendiri sebelum membicarakan kekurangan orang lain.


9. Sensitif terhadap Perasaan Orang: ada kalanya pembicaraan atau perbuatan Anda akan menyinggung perasaan orang lain meskipun Anda tidak bermaksud demikian. Berlaku sensitif terhadap perasan orang lain akan menghindarkan Anda menyinggung orang tersebut.


10. Jangan Memaksa: menghargai orang lain adalah menghormati hak asasi orang lain. Hindari memaksakan atau melakukan intimidasi terhadap orang lain sehingga orang itu melakukan sesuatu yang tidak ingin dia lakukan.


(YN)



Recent Posts